Sunday, April 22, 2018

Bismillahirrahmanirrahim, assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh..apa kabar saudaraku semua? kami doakan semoga sehat selalu. akhirnya kami punya kesempatan lagi untuk menulis sebuah artikel yaitu tentang doa tahiyat awal atau disebut juga tasyahud awal. sekedar informasi bahwa pada kesempatan sebelumnya kami juga telah membuat artikel mengenai bacaan tahiyat akhir muhammadiyah, artikel tersebut khusus kami persembahkan buat saudara-saudaraku dari organisasi muhammadiyah. untuk mengingat kembali kami sampaikan definisi dari doa tahiyat (kami berharap semua sudah tahu), mengingat ada beberapa saudara yang sedang tumbuh belajar sholat maka kami pandang perlu untuk menjelaskannya. doa tahiyat atau tasyahud awal adalah salah satu rangkaian bacaan sholat yang harus diketahui apabila kita sebagai orang yang mengerjakan sholat ingin sholatnya lebih sempurna. doa tahiyat dibaca pada saat rakaat kedua dan rakaat terakhir. pada sholat subuh hanya ada satu doa tahiyat sedangkan pada sholat lainnya seperti dzuhur, ashar, maghrib, dan isya dibaca dua kali (dikenal dengan tahiyat awal dan tahiyat akhir).

sebelum artikel doa tahiyat awal atau tasyahud awal ini kami lanjutkan, kami mengajak diri sendiri dan saudara-saudaraku sekalian untuk selalu meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT. baiklah saudaraku yang kucintai, dibawah ini akan kami paparkan doa tahiyat awal tersebut dalam arab dan latin serta artinya, selamat belajar ya :)



Doa tahiyat awal dalam latin: at'tahiyyaatul mubaarakaatush shalawaatuth thoyyibaatulillaah. as-salaamu'alaika ayyuhannabiyyu wa rahmatullaahi wabarakaatuh, assalaamu'alaina wa'alaa ibaadillaahishaalihiin. asyhaduallaa ilaaha illallaah, wa asyhadu anna muhammadar rasuulullaah. allaahumma shalli'alaa sayyidinaa muhammad.

Arti dari doa tahiyat awal “Segala kehormatan, dan keberkahan, kebahagiaan dan kebaikan itu punya allah. keselamatan atas engkau wahai nabi muhammad, demikian pula rahmat engkau dan berkahnya. keselamatan dicurahkan pula untuk kami dan atas seluruh hamba allah yang shaleh - shaleh. aku bersaksi bahwa tidak ada tuhan melainkan allah. dan aku bersaksi bahwa nabi muhammad adalah utusan allah. ya allah! limpahilah rahmatmu kepada nabi muhammad”. 

Hanya itu saja yang bisa kami informasikan pada artikel doa tahiyat awal atau Tasyahud awal ini. Semoga pada lain kesempatan kami bisa kembali berbagai informasi atau berbagi cerita. Kami berharap artikel doa tahiyat ini bermanfaat untuk kita semua, terkhusus lagi untuk saudara-saudara kami yang sedang tumbuh usianya dan baru belajar sholat.

0 comments:

Post a Comment